KSM Group Distributor, Importir, Produsen Perlengkapan Bayi dan Mainan Anak

Mainan anak laki laki

Mainan Anak Laki Laki dan Perempuan, Haruskan dibedakan?

Promo Diskon dan cashback khusus untuk Reseller KSM Group, diskon 35% + Cashback 10%, hubungi tim reseller kami di 08119109299 atau klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah halaman ini untuk penawaran terbaik kami, kapan lagi bisnis mainan anak best seller dengan modal minim dan potensi cuan melimpah.

Daftar Isi

Mainan anak laki-laki dan perempuan , Apa sih perbedaanya? Bagi Orangtua yang telah memiliki buah hati yang usianya masih kecil tentu sangat membahagiakan hingga acapkali membelikan mainan. Namun sadarkah kita sebagai orang tua seringkali mainan yang kita berikan adalah mainan yang sesuai dengan gender mereka. Atau hal tersebut sudah secara otomatis dibedakan, mulai dari jenis atau tipe mainan, warna mainan hingga model mainan.

 

Mainan anak laki laki

Ini sudah menjadi budaya terlebih di Indonesia atau juga mungkin di negara lainnya untuk membedakan mainan sesuai gender anak. Mainan yang umumnya diberikan kepada anak laki-laki adalah mobil-mobilan atau robot-robotan. Sedangkan mainan yang biasa diberikan kepada anak perempuan adalah boneka, alat masak-masakan dan lain sebagainya.

 

Baca Juga : Inilah Manfaat Mainan Anak Untuk Perkembangan Otak Si Kecil

Boleh tidak sih membedakan mainan anak berdasarkan gendernya?

Psikolog Perkembangan Anak dan Play Therapist, Mayke S Tedjasaputra, psikolog Rika Ermasari, S.Psi, Ct, CHt dari Brawijaya Women and Children Hospital berpendapat bahwa mainan anak seharusnya tidak perlu dibedakan berdasarkan gender anak. contohnya Boneka tidak hanya mainan yang dimainkan oleh anak perempuan, tapi juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki. Perlu diketahui bermain boneka bisa memberi manfaat untuk anak laki-laki, terlebih saat anak laki-laki yang menginjak usia empat tahun. Hal tersebut disebabkan pada usia tersebut, anak-anak mulai senang mengeksplorasi peran dan menggunakan imajinasinya dalam bermain. Oleh karena itu, bermain boneka ternyata juga bisa membantu anak untuk memenuhi kebutuhannya bermain peran tersebut.

 

Mainan anak laki laki

Anda tidak perlu khawatir apabila anak laki-lakinya sedang bermain boneka, karena ada saatnya anak laki-laki mulai merasa bosan dan kurang senang lagi bermain boneka. Akan tetapi, peran orangtua memang sudah seharusnya dibutuhkan dalam menyediakan permainan yang sesuai dengan usia anak dan juga tahapan tumbuh kembang si kecil. 

 

Dampak Membedakan Mainan Terhadap Tumbuh Kembang Anak

 

Membedakan mainan berdasarkan gender dikhawatirkan akan memberikan efek untuk membatasi jangkauan kemampuan atau keterampilan anak untuk berkreasi dan menggali kemampuan imajinasi yang bisa dikembangkan oleh anak laki-laki dan perempuan melalui permainan yang mereka mainkan. Akibatnya, anak jadi kurang bisa mengembangkan minat diri dan bakatnya dengan maksimal. Selain itu, stereotip yang terjadi melalui pengelompokkan mainan untuk anak laki-laki dan perempuan juga bisa berdampak pada anak sampai ia beranjak dewasa nanti. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai pekerjaan yang khusus untuk anak laki-laki (pilot, astronot, pembalap, atlet sepakbola, dan lain-lain) dan khusus untuk perempuan (dokter, koki, guru). Hal ini secara tidak langsung akan membuat anak jadi berpikiran stereotip juga nantinya.

Promo Diskon dan cashback khusus untuk Reseller KSM Group, diskon 35% + Cashback 10%, diskon berlaku tanpa minimum transaksi hubungi tim reseller kami di 08119109299.

Previous
Next

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Berlangganan Berita Seputar Bisnis Mainan Anak dan Perlengkapan Bayi Gratis

Latest News

Copyright © KSM Group