KSM Group Distributor, Importir, Produsen Perlengkapan Bayi dan Mainan Anak

Mainan Anak

Orang Tua Wajib Tahu, Inilah Daftar Mainan Anak yang Berbahaya dan Perlu Diwaspadai!

Promo Diskon dan cashback khusus untuk Reseller KSM Group, diskon 35% + Cashback 10%, hubungi tim reseller kami di 08119109299 atau klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah halaman ini untuk penawaran terbaik kami, kapan lagi bisnis mainan anak best seller dengan modal minim dan potensi cuan melimpah.

Daftar Isi

Umumnya, ada banyak cara yang bisa orang tua lakukan dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan si buah hati, salah satunya yakni dengan memberikan mainan edukatif anak anak. Ketika memberikan mainan tersebut, maka anak dapat belajar banyak hal yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi diri mereka di masa mendatang. Kendati demikian, Anda perlu tahu bahwa tidak semua mainan untuk anak baik diberikan oleh orang tua. Hal ini dikarenakan, ada beberapa daftar mainan yang memang dinilai berbahaya dan perlu orang ta waspadai sebelum memberikannya kepada si buah hati.

 

Mainan anak
Cari mainan edukasi terbaik dengan harga terjangkau? Toko grosir mainan beringin toys pilihannya.

 

Apa saja contoh mainan anak yang berbahaya?

Saat ini, orang tua bisa membeli berbagai macam mainan untuk anak di tempat – tempat yang jual mainan anak terdekat di pasaran. Akan tetapi sebagai orang tua, Anda di sini perlu Anda tahu dan memahami bahwa tidak semua mainan yang dijual untuk anak dikatakan aman untuk diberikan. Pasalnya, ada beberapa mainan khusus anak yang dinilai berbahaya, yang mana bisa menyebabkan cedera dan yang paling fatal yakni dapat menimbulkan kematian. Beberapa daftar mainan khusus anak yang berbahaya dan perlu orang tua waspadai, antara lain sebagai berikut :

 

  1. Gelembung air warna – warni / orbeez

Seperti halnya mobil mainan anak, gelembung warna – warni / orbeez sendiri umumnya menjadi salah satu mainan favorit sepanjang masa bagi semua orang. Sebab selain mudah didapatkan dan memberikan sensasi kepuasan tersendiri bagi orang yang memainkannya, mainan ini juga muncul dalam banyak warna mencolok dan sangat portabel, baik untuk bayi dan balita. Akan tetapi, mainan anak yang berbentuk manik – manik kecil yang terlihat seperti permen ini cukup berbahaya diberikan, lantaran dapat membuat anak menelannya jika tidak dalam pengawasan orang tua.

 

  1. Bebek karet

Bagi sebagian orang atau bahkan Anda sendiri mungkin tidak akan pernah menyangka jika bebek karet, menjadi salah satu daftar mainan khusus anak yang dinilai berbahaya dan perlu diwaspadai. Alasan yang menjadikan mainan bebek karet berbahaya, yakni karena dapat memicu pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Dimana ketika bebek karet semakin lama dipencet, maka hal ini akan menyebabkan air lebih mudah masuk melalui lubang dalam mainan tersebut. Dan akhirnya, hal inilah yang menjadikan pertumbuhan bakterinya semakin meningkat.

 

  1. Slime

Bisa dikatakan, bahwa slime termasuk dalam daftar mainan anak yang lagi viral selama beberapa tahun terakhir. Bahkan karena tingginya permintaan mainan slime tersebut, menjadikan banyak produsen akhirnya terus memproduksi mainan tersebut hingga mengabaikan masalah kesehatan. Dimana dalam hal ini, banyak produsen dan distributor mainan anak curang yang mana sering kali mencampurkan bahan – bahan kimia berbahaya dalam mainan slime tersebut. Baik itu seperti bahan kimia boraks, zat alkali dan lain – lain yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

 

  1. Aqua Dots

Diketahui, Aqua Dots sendiri umumnya merupakan salah satu mainan yang mengharuskan si buah hati untuk dapat menyusun manik – manik sesuka hati. Dan selanjutnya, manik – manik tersebut nantinya akan langsung disemprotkan dan desain yang dibuat anak akan langsung bisa menyatu. Hal membahayakan yang Anda temukan dalam permainan Aqua Dots satu ini, yakni mainan tersebut dapat melepaskan senyawa GHB yang sangat berbahaya jika tertelan oleh si buah hati. Bahkan jika dilihat dari kasus yang terjadi, ada beberapa anak yang mengalami koma setelah menelan potongan manik – manik ini.

 

  1. Barbie and Tanner

Pada awal kemunculannya di pasaran, perusahaan Barbie hanya berniat untuk mempromosikan kepemilikan hewan peliharaan yang bertanggung jawab. Namun sayangnya, mainan anak perempuan yang bagus dan keluar pada tahun 2007 silam tersebut justru dinilai gagal dalam menyampaikan promosi tersebut. Di sini dikatakan, bahwa Tanner merupakan anak anjing Barbie yang makan dan membuang makanan. Akan tetapi sayangnya, magnet yang terdapat di dalam aksesoris scooper tersebut justru bisa lepas dan berbahaya jika ditelan oleh bayi dan anak – anak.

 

  1. Lato – lato

Sudah dikenal sejak tahun 1970-an, lato – lato atau sering juga disebut dengan istilah clacker satu ini merupakan mainan yang menghasilkan suara ketukan yang cukup keras dan mengganggu. Meskipun terbilang asyik untuk dimainkan, akan tetapi siapa yang menyangka jika mainan satu ini justru dinilai berbahaya bagi anak – anak. Ini bukan tanpa alasan, lantaran bola akrilik dari lato – lato tersebut sering kali pecah dan menjadi serpihan kecil yang bisa mengenai wajah anak – anak dan bahkan bisa menyebabkan masalah yang serius.

 

mainan edukatif dari kayu

 

Tips memilih mainan anak yang aman

Orang tua wajib tahu, bahwa memberikan mainan umumnya hampir sama dengan memberikan teman bermain bagi si buah hati. Oleh karena itulah, penting bagi Anda untuk selalu ekstra berhati – hati dan waspada ketika memberikan mainan kepada anak – anak nantinya. Jangan sampai, mainan yang harusnya menjadi media hiburan menarik bagi anak, justru membawa malapetaka berbahaya bagi diri mereka sendiri. Maka dari itulah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ketika akan memilihkan mainan anak perempuan terbaru maupun mainan anak laki – laki.

 

  1. Pilih mainan anak-anak yang sesuai dengan usia dan karakternya

Ketika akan memberikan mainan kepada anak, ada baiknya bagi Anda memperhatikan label kemasan dan usia berapa mainan tersebut cocok untuk diberikan. Dalam hal ini, Anda penting untuk memperhatikan mainan anak berdasarkan usia, minat dan karakter anak. Sehingga, hal ini akan sesuai dengan tingkat kemampuan dan kesiapannya dalam bermain.

 

  1. Baca dan pahami petunjuk penggunaan mainan untuk anak

Banyak orang tua yang terkadang sering bingung mengenai apa saja mainan anak perempuan? Namun terlepas dari hal tersebut, Anda di sini perlu untuk membaca dan memahami petunjuk penggunaan mainan untuk anak tersebut agar tetap aman digunakan. Dan setelah selesai bermain, Anda juga bisa mengajarkan si buah hati untuk menyimpan mainan dengan baik.

 

  1. Lakukan pengecekan pada mainan anak terbaru secara teratur

Untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan yang terjadi pada mainan khusus anak, Anda juga perlu memeriksa mainan anak secara teratur. Apabila ditemukan kerusakan pada mainan tersebut seperti misalnya terdapat serpihan benda tajam di pinggiran mainan atau adanya karat pada mainan, maka sebaiknya langsung dibuang agar tidak membahayakan anak.

 

  1. Membersihkan mainan khusus anak secara teratur

Adapun hal yang tidak kalah penting dalam memilih mainan anak usia 1 tahun, yakni pastikan Anda untuk membersihkan mainan tersebut secara teratur. Sebab biasanya, ada produk mainan yang memang bisa dicuci dengan sabun antibakteri dan air panas. Khusus mainan yang bisa berkarat, sebaiknya simpan mainan tersebut di ruangan yang tidak terkena air hujan.

Demikianlah tadi informasi penting yang bisa Anda ketahui dan pahami mengenai daftar mainan anak berbahaya yang perlu orang tua waspadai, lengkap dengan tips aman dalam memilih mainan tersebut. Sehingga, Anda bisa memberikan mainan khusus anak yang memang berguna dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Promo Diskon dan cashback khusus untuk Reseller KSM Group, diskon 35% + Cashback 10%, diskon berlaku tanpa minimum transaksi hubungi tim reseller kami di 08119109299.

Previous
Next

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Berlangganan Berita Seputar Bisnis Mainan Anak dan Perlengkapan Bayi Gratis

Latest News

Copyright © KSM Group