KSM Group Distributor, Importir, Produsen Perlengkapan Bayi dan Mainan Anak

Mainan Bayi

Ini 11 Rekomendasi Mainan Edukasi Bayi Terbaik

Promo Diskon dan cashback khusus untuk Reseller KSM Group, diskon 35% + Cashback 10%, hubungi tim reseller kami di 08119109299 atau klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah halaman ini untuk penawaran terbaik kami, kapan lagi bisnis mainan anak best seller dengan modal minim dan potensi cuan melimpah.

Daftar Isi

Sebagai orang tua Parents tentu ingin memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang buah hati bukan? Selain memastikan asupan nutrisinya yang terbaik, tumbuh kembang bayi juga sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang diberikan Parent selama proses tersebut. Salah satunya mainan bayi yang diberikan harus mengedukasi si kecil. Lantas, apa saja mainan edukasi tersebut? Berikut ulasannya:

 

  1. Teether atau Mainan Gigit

Umumnya apapun yang bayi lihat dan bisa diraihnya, akan selalu dimasukkan ke dalam mulut. Begitulah yang terjadi pada bayi usia dua sampai 6 bulan. Karenanya,  mainan bayi 3 bulan teether akan sangat cocok Parent berikan pada si kecil.

Selain melatih tangannya untuk menggenggam, Mom juga tidak perlu merasa khawatir saat dia memasukkannya ke dalam mulut lantaran mainan tersebut memang diperuntukkan untuk digigit. Bahkan, mainan ini dapat merangsang pertumbuhan giginya. Meski begitu Mom tetap harus rajin membersihkan mainannya ya.

 

  1. Kerincingan Atau Rattle

Mengingat bayi 5 bulan sudah mulai bagus pendengarannya, Mom bisa memberikan kerincingan untuk si kecil bermain. Apalagi, mainan bayi 5 bulan ini dapat sekaligus membantu bayi mempelajari konsep sebab akibat. Ketika dia menggerakkan tangan, mainan dalam genggamannya akan berbunyi.

Namun, pastikan bentuk kerincingnya mudah digenggam dan tidak mengandung bahan berbahaya, seperti bagian-bagian kecil yang mudah tertelan. Selain itu, jangan berikan mainan yang keras, agar si kecil tidak memukulkan mainannya sendiri ke badan atau kepalanya ya Parents.

 

  1. Mainan Gantung

Mom bisa coba membelikan mainan gantung untuk diletakkan di tempat tidur maupun stroller bayi. Apalagi, mainan gantung semacam ini biasanya berwarna cerah sehingga dapat membantu bayi memaksimalkan kemampuan melihatnya.

Agar bayi tidak merasa bosan karena hanya melihat mainan untuk bayi 3 bulan saja, Mom bisa pilihkan mainan gantung yang bisa berputar dan berbunyi. Nantinya, musik yang dihasilkan dari mainan tersebut dapat membantu menstimulasi kemampuan dengar si Kecil.

Sedangkan mainan yang berputar, dapat membantu bayi belajar menggerakkan bola mata mengikuti arah mainan dan memicu bayi untuk menggerakkan tangan.

 

  1. Boneka Pacifier

Seperti namanya, mainan bayi 6 bulan ini merupakan kombinasi antara boneka dan dot bayi. Boneka ini sudah dilengkapi klip yang dapat digantungkan pada baju si kecil dan terdapat tempat penyimpanan dot untuk menjaganya tetap bersih.

Maka, si kecil pun dapat bermain sambil menghisap dotnya dengan leluasa.

 

  1. Baby Bouncer

Baby bouncer adalah mainan bayi 1 tahun berbentuk tempat tidur yang dilengkapi dengan getaran dan mainan gantung. Teknisnya, mainan ini akan memantul dengan lembut mengikuti gerakan tubuh alami bayi dan bergoyang yang membuat bayi merasa ditimang dengan satu tombol saja.

Selain itu, terdapat mainan gantung di atasnya untuk menemani bayi bermain dan membuatnya terhibur.

 

  1. Baby Playgym

Hampir sama dengan mainan gantung, baby playgym juga berada di atas bayi. Bedanya, posisi mainan bayi 2 bulan di gantung dekat dengan bayi. Nantinya, warna-warni mainan yang digantung membuat bayi tertarik untuk meraihnya, sehingga ia bisa melatih gerakan tangannya.

Selain itu, playgym memiliki tombol-tombol yang bisa mengeluarkan suara saat dipencet dengan kaki. Hal ini membuat si Kecil juga dapat belajar konsep sebab akibat. Ketika mereka menendang, akan mengeluarkan suara. Bahkan, bayi juga sekaligus dapat melatih pendengaran lewat suara yang keluar itu.

 

  1. Boneka

Siapa sih yang tidak suka boneka? Bentuknya yang menggemaskan dan berbagai macam serta teksturnya yang lembut semakin menarik perhatian semua bayi. Ternyata, mainan bayi 4 bulan ini dapat melatih kemampuan bayi memegang benda sekaligus memperkenalkannya pada aneka tekstur yang ada.

Namun, saat sudah menemukan boneka favoritnya, biasanya bayi akan menggigit dan memasukkannya ke dalam mulut. Karenanya, Mom harus memilih mainan anak bayi yang terbuat dari bahan yang aman dan pastikan selalu rajin mencuci bonekanya agar kebersihannya tetap terjaga.

 

  1. Puzzle Potongan Besar

Puzzle potongan besar menjadi mainan edukasi anak 1 tahun terbaik agar tidak membuat anak bingung dan cara memainkannya pun mudah. Parent bisa memberikan anak puzzle dengan gambar hewan, kartun atau buah yang membuatnya tertarik menggunakannya.

Mainan anak bayi ini dapat membantu mendorong koordinasi mata, tangan, dan keterampilan visual si kecil, lho Mom.

Selain itu, mainan ini juga bisa merangsang sensor motorik halus anak melalui indra peraba, membantu mengenal warna melalui indra penglihatan, serta melatih fokus dan konsentrasi ketika mencocokkannya kembali.

 

  1. Mainan Menyusun Ring Donat

Mainan menyusun ring donat dapat menjadi mainan edukasi anak 3 tahun. Nantinya anak harus menyusun ring donat dari yang terbesar ke terkecil untuk mengasah kemampuan berpikirnya.

Bukan hanya itu, mainan ini juga mengajarkan anak mengidentifikasi warna, memecahkan masalah, dan memperkuat kemampuan motorik halusnya. Namun, pastikan untuk memilih mainan ring donat berwarna-warni agar menarik perhatian si kecil ya Dad.

Mom cukup ajarkan anak untuk menyusun donat dari mulai yang besar diletakkan paling bawah dan ukurannya berurutan. Semakin ke atas harus semakin kecil ring donatnya sehingga menghasilkan menara yang bagus.

 

  1. Flash Card

Flash card termasuk mainan bayi edukasi untuk membantu anak-anak mulai belajar angka dan huruf. Sembari bermain Mom juga dapat mengajarkan si Kecil nama-nama benda yang ada di sekitarnya, lho.

Selain itu, bermain flash card dapat meningkatkan stimulasi otak dan merangsang daya ingat anak.

Nah, Mom bisa melatih kemampuan berpikirnya dengan menunjukkan gambar flashcard dan sebutkan gambar apa, kemudian tanya kembali apa yang anak lihat dari kartu tersebut. Melalui cara ini perbendaharaan kosa kata anak menjadi semakin banyak.

 

  1. Buku Bergambar

Pada usia balita, bayi memang belum bisa membaca, namun ia akan senang melihat gambar dengan berbagai warna cerah dan mendengarkan suara Mom menceritakan isi buku tersebut.

Karenanya, buku juga termasuk mainan edukasi yang dapat melatih banyak kemampuan si Kecil, seperti kemampuan bahasa, sosial, bicara, hingga kognitif. Supaya lebih awet dan aman untuk bayi, sebaiknya beli buku dari kain (softbook) atau buku berhalaman tebal (board book).

 

  1. Walker

Mainan edukasi anak 2 tahun ini dapat membantu anak berjalan sembari bermain dengan menekan tombol musik atau suara.  Walker ini umumnya dilengkapi dengan tombol berbagai macam warna yang dapat mengeluarkan suara atau musik bila ditekan.

Lebih dari itu, usahakan Parents jangan memilih walker yang memiliki roda lantaran dikhawatirkan dapat terbalik bila menabrak dinding. Bahkan, di beberapa negara walker jenis roda sudah dilarang.

Karenanya, sebaiknya pilih walker yang tidak memiliki roda agar anak Mom bisa belajar berjalan hanya dengan tempat duduk yang bergeser saja.

Demikian rekomendasi mainan bayi edukasi terbaik yang bisa Parents berikan untuk buah hati. Semoga membantu.

Promo Diskon dan cashback khusus untuk Reseller KSM Group, diskon 35% + Cashback 10%, diskon berlaku tanpa minimum transaksi hubungi tim reseller kami di 08119109299.

Previous
Next

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Berlangganan Berita Seputar Bisnis Mainan Anak dan Perlengkapan Bayi Gratis

Latest News

Copyright © KSM Group