KSM Group Distributor, Importir, Produsen Perlengkapan Bayi dan Mainan Anak

Pelatihan Fisik Motorik Anak Usia Dini

Jangan Diabaikan!! Inilah Manfaat Pelatihan Fisik Motorik Anak Usia Dini

Promo Diskon dan cashback khusus untuk Reseller KSM Group, diskon 35% + Cashback 10%, hubungi tim reseller kami di 08119109299 atau klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah halaman ini untuk penawaran terbaik kami, kapan lagi bisnis mainan anak best seller dengan modal minim dan potensi cuan melimpah.

Daftar Isi

Pelatihan Fisik Motorik Anak – Dirumah anda ada si kecil yang sedang menjalani masa perkembangan? Pentingnya untuk melatih fisik motorik anak sedari kecil seringkali diabaikan oleh para orang tua, padahal hal tersebut menjadi ukuran dalam menilai tumbuh kembang sikecil. Kita tentu ingin si kecil selalu sehat dan tentunya tumbuh kembangnya juga normal.

distributor mainan edukatif anak

Belakangan banyak kasus dimana orang tua masih sering lalai memperhatikan hal ini, sehingga kerap terjadi masalah khususnya dalam tumbuh kembang anak. Bagi anda yang masih belum mengetahui manfaat pelatihan fisik motorik anak usia dini simak artikel ini. Berikut ini beberapa manfaat pentingnya pelatihan fisik motorik untuk anak.

Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Hal yang pertama yang menjadi alasan pentingnya pengembangan fisik motorik anak usia dini adalah untuk membantu menunjang perkembangan kognitifnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara olahraga. Contoh paling sederhananya adalah melempar atau menangkap bola. Kegiatan tersebut dapat melatih fokus, interaksi, pengelihatan dan pendengaran si kecil.

Jika hal sederhana tersebut konsisten dilakukan maka akan membantu untuk tumbuh kembangnya. Hal ini akan berdampak baik supaya si kecil menjadi kuat dalam melakukan beragam gerakan maupun kegiatan. Bahkan impact secara tidak langsungnya hal ini dapat juga mempengaruhi prestasi dalam akademiknya.

Menciptakan dan Membangun Sikap Mandiri

Manfaat pelatihan fisik dan motorik anak selanjutnya adalah agar si kecil lebih mandiri. Namun yang harus diperhatikan adalah bukan berarti anda langsung mengabaikan dan membiarkan si kecil bermain dan berkegiatan sendirian.

Sebagai orang tua tentunya harus mengarahkan pada hal yang benar, namun ketika si kecil sudah menunjukan sikap mandiri mulailah untuk tetap mengawasi tanpa harus membantunya. Jika hal ini dilakukan secara konsisten tentu ini akan manumbuhkan sikap mandiri dalam berbagai kegiatan sehari-harinya.

Hal yang paling sederhana adalah mebiasakan si kecil untuk makan sendiri. Kita bisa memberinya finger food, membiarkannya makan dengan sendok, dan lain sebagainya. Secara perlahan dan konsisten maka anak akan terbiasa melakukan kegiatan tersebut secara mandiri dan terus menerus.

Baca Juga :

Daftar Mainan Edukatif Motorik yang Cocok untuk si Kecil

Membangun Rasa Percaya Diri Sejak Kecil

Jika pelatihan fisik dan motorik anak dilakukan sejak usia dini maka hal itu akan menumbuhkan rasa percaya diri si kecil. Hal yang harus diketahui oleh para orang tua adalah rasa percaya diri pada anak sangat dibutuhkan khususnya di dalam lingkungannya. Percaya diri pada si kecil akan membuatnya lebih mudah dalam berinteraksi maupun berkomunikasi dengan orang lain. Rasa percaya diri si kecil akan meningkat jika dia sering berinteraksi dengan orang lain.

Hal ini bisa didapatkan diantaranya dengan cara bermain bola bersama, bermain di taman bersama, dan lain sebagainya. Hal tersebut akan berdampak pada motorik halusnya. Nah mulai sekarang biarkan anak bermain dengan teman sebayanya hal tersebut tetap bis akita awasi, dengan begitu kemampuan anak dalam bersosialisasi juga akan terbentuk.

Fisik dan Motorik Anak Usia Dini Membantu Anak Untuk Lebih Fokus

Anda pernah melihat anak kurang nyambung saat diajak berbicara? Salah satu manfaat pelatihan fisik motorik anak usia dini adalah melatih fokusnya. Hal ini disebabkan kegiatan pelatihan motorik akan membuat si kecil mengikuti beragam gerakan dan fokus pada suatu objek. Contoh sederhananya kegiatan menangkap dan melempar bola. Kegiatan tersebut bisa   melatih koordinasi antara tangan dan juga matanya.

Contoh Kegiatan lain adalah menulis, berhitung, menggambar dan juga mengetik. Aktivitas tersebut dilakukan menggunakan tangan dan fokusnya akan mengikuti gerakan tangannya. Semakin bertambah usianya, maka si kecil juga akan semakin mahir dalam memanipulasi keterampilan tangannya.

Merangsang Imajinasi dan Kreativitas Anak

Taukah anda bahwa kegiatan melatih fisik motorik si kecil juga bisa merangsang dan melatih imajinasi si kecil, loh. Secara tidak langsung hal ini juga berdampak pada kreativitasnya. Anda bisa melakukan beberapa permainan sederhana dengan si kecil.

Saat si kecil tidak dapat menyelesaikan permainan tetap arahkan untuk selalu mencoba kembali. Dengan begitu secara tidak langsung kita merangsang rasa penasarannya dan mengolahnya menjadi kreativitas sedikit demi sedikit.

Mempererat Hubugan Antara Orang Tua dan Anak

Hal yang membuat pelatihan fisik motorik anak secara tidak langsung bisa mempererat hubungan dengan orang tua adalah karena orang tua selalu menstimulasi dan Latihan pengembangannya. Hal tersebut tentu pasti akan dilakukan dalam jangka waktu yang Panjang dan terus menerus sehingga si kecil nantinya akan merasa nyaman.

Chemistry antar orang tua dan anak akan terbentuk secara sistematis dan orang tua lebih mudah dalam melihat potensi yang ada pada anak sehingga orang tua bisa dengan mudah mengarahkan dan menyalurkan bakatnya.

Itulah pentingnya pelatihan fisik motorik anak sejak usia dini yang bisa anda terapkan untuk si kecil. Dengan melatihnya sedini mungkin maka akan membantu mentalitas anak dalam adaptasinya di lingkungan yang baru, contohnya saat si kecil tumbuh besar dan sekolah nanti.

Promo Diskon dan cashback khusus untuk Reseller KSM Group, diskon 35% + Cashback 10%, diskon berlaku tanpa minimum transaksi hubungi tim reseller kami di 08119109299.

Previous
Next

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Berlangganan Berita Seputar Bisnis Mainan Anak dan Perlengkapan Bayi Gratis

Latest News

Copyright © KSM Group