KSM Group Distributor, Importir, Produsen Perlengkapan Bayi dan Mainan Anak

Puzzle Mainan Edukatif Anak

Tips Memilih Puzzle Mainan Edukatif Sesuai Usia Anak

Promo Diskon dan cashback khusus untuk Reseller KSM Group, diskon 35% + Cashback 10%, hubungi tim reseller kami di 08119109299 atau klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah halaman ini untuk penawaran terbaik kami, kapan lagi bisnis mainan anak best seller dengan modal minim dan potensi cuan melimpah.

Daftar Isi

Puzzle mainan edukatif anak dapat digunakan orangtua untuk melatih kemampuan kognitif anak. Untuk menjauhkan kesan membosankan, jenis mainan ini biasanya dirancang dalam bentuk menarik dan unik seperti hewan, bunga, maupun objek yang dekat dengan keseharian si Kecil.

 

Distributor Mainan Anak

 

Di sisi lain, Anda perlu memperhatikan daya nalar anak yang belum sebaik orang dewasa. Oleh karena itu, saat memilih mainan edukatif di toko mainan edukatif anak, orang tua disarankan membeli sesuai usia sang buah hati. Untuk puzzle, berikut panduan yang dapat diikuti:

 

  • Usia di bawah 2 tahun

Jangan salah, anak yang usianya masih di bawah usia 2 tahun dapat diajak bermain puzzle. Dengan catatan, pilih mainan yang dibekali knob. Knob ditujukan untuk membantu anak untuk menggenggam potongan puzzle sekaligus melatih kemampuannya memegang objek tertentu.

Kemudian, pilih puzzle yang bentuknya menarik dan mudah dikenali anak. Misalnya hewan yang disukai atau angka untuk berlatih menghitung.

 

  • Usia 2 tahun

Ketika menginjak usia 2 tahun, anak dapat diberikan puzzle yang mempunyai kepingan lebih besar. Material seperti kayu dapat dipertimbangkan dan pastikan jenisnya aman untuk digunakan. Di tahap ini pula Anda dapat mengajarkan si Kecil untuk meletakkan kepingan-kepingan puzzle tanpa knob.

Sementara desain puzzle yang dipakai dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kemampuannya dari segi visual. Contohnya memakai gambar transportasi atau kartun kesukaannya.

 

  • Usia 3 tahun

Pada jenjang usia ini, puzzle mainan edukatif anak harus disesuaikan keterampilan anak dalam bermain puzzle. Anda dapat memberikan mainan dengan ukuran lebih besar dengan kepingan lebih banyak. Namun, pastikan jumlahnya tak lebih dari 20 keping.

Mengapa demikian? Bagaimanapun, kemampuan anak masih dalam tahap perkembangan. Anda sebagai orangtua perlu melatih dan menstimulasi mereka secara bertahap.

 

Baca Juga : Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak-anak

 

  • Usia 4 tahun

Rata-rata anak yang memasuki usia 4 tahun sudah semakin pandai memasang dan membalikan kepingan puzzle. Meski demikian, si Kecil sesekali masih kesulitan menemukan tempat dan kepingan yang tepat untuk dipasangkan. Untuk itu pula kehadiran orangtua diperlukan.

Supaya permainan semakin seru, berikan tantangan kepada anak. Misalnya menambah kepingan puzzle atau memberikan konsep yang lebih kompleks.

 

  • Usia 5 tahun

Pada tahap usia ini, anak berada di akhir periodenya sebagai balita. Puzzle edukatif yang diberikan pun harus memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Dari segi jumlah kepingan, tambahkan jadi 48 hingga 60 buah untuk mengasah kemampuan si Kecil berpikir dan mencari solusi.

Sementara dari segi  gambar atau solusi, berikan sesuai favorit anak. Tujuannya adalah supaya mereka terus tertarik memainkan puzzle dan menyelesaikannya sampai semua keping tersusun rapi.

Demikian informasi seputar panduan memilih puzzle mainan edukatif anak sesuai usia. Mudah-mudahan memudahkan orangtua mana pun untuk mendapatkan mainan bermanfaat bagi si Kecil.

Promo Diskon dan cashback khusus untuk Reseller KSM Group, diskon 35% + Cashback 10%, diskon berlaku tanpa minimum transaksi hubungi tim reseller kami di 08119109299.

Previous
Next

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Berlangganan Berita Seputar Bisnis Mainan Anak dan Perlengkapan Bayi Gratis

Latest News

Copyright © KSM Group